5 Tanda Anda Memerlukan Ban Mobil Baru

Sama seperti kaki Anda setelah perjalanan panjang, ban mobil Anda juga lelah setiap kali Anda berkendara. Ini tidak selalu karena Anda berkendara dengan buruk, tetapi fakta yang tidak dapat dihindari atas umur dari ban mobil. Ban semakin tua dan semakin rusak setiap waktu. Dan karena ban yang rusak, berkendara dapat jadi berbahaya, menyebabkan kendaraan Anda tidak dapat dikendalikan. Jadi sangat penting bagi Anda untuk mengetahui pertanda ban mobil Anda dalam kondisi yang jelek dan Anda memerlukan ban baru sebelum hal buruk terjadi. Tentu saja jika Anda mengunjungi bengkel body repair dengan rutin, mekanik dapat memberitahu Anda jika ban sudah harus diganti, tetapi berikut ada beberapa tips bagi Anda untuk mengetahui kondisi ban tanpa harus mengunjungi bengkel body repair.

1. Kedalaman lubang pada ban Anda tidak boleh kurang dari 1,6 inch. Jika kedalaman sudah kurang dari 1,6 inch berarti ban mobil Anda sudah menipis dan berbahaya. Bawalah mobil Anda ke bengkel body repair terdekat dan meminta set ban baru.

2. Jumlah garis atau ruas yang terdapat pada ban. Jika ruas terlihat banyak berarti ban mobil Anda sudah menipis. Segera bawalah mobil Anda ke bengkel body repair

3. Ban mulai terkelupas sediti demi sedikit juga merupakan pertanda buruk. Bagian yang terus terkelupas dapat menyebabkan lubang. Lebih baik ganti ban Anda di bengkel body repair sebelum kerusakan menjadi lebih parah.

4. Benjolan pada sisi ban. Benjolan menandakan bagian tersebut sudah melemah dan dapat meledak setiap saat. Lebih baik menggantinya sesegera mungkin di bengkel body repair sebelum hal itu terjadi.
5. Banyak terjadi getaran. Getaran memang tidak dapat dihindari ketika berkendara, apalagi jika kondisi jalanan jelek. Tetapi jika Anda sering berkendara, pasti Anda dapat merasakan getaran yang lebih jika ban Anda rusak. Walaupun sumber getaran bukan dari ban, getaran juga dapat merusak ban dengan cepat. Segera bawalah mobil Anda ke bengkel body repair terdekat.

Leave a comment